Paska Banjir PMI Kabupaten Bogor Distribusikan Logistik dan Pelayanan Kesehatan

posted in: PMI | 0

Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan logistik berupa paket makanan dan memberikan pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan hingga membantu ibu yang hendak melahirkan anaknya di lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

TDB Banjir Januari 2020

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi mengatakan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla sudah memerintahkan untuk menurunkan 13 unit armada tangki air bersih PMI untuk disebar ke lokasi terdampak banjir di wilayah Jabodetabek dan Lebak, Banten. Dalam operasi dan pelayanan ini PMI bekerjasama anggota Paskhas TNI AU untuk mendistribusikan air bersih ke lokasi bencana, khususnya ke daerah yang sulit ditembus kendaraan, salah satunya Kabupaten Bogor. “Kebutuhan air bersih sangat penting untuk korban bencana alam apapun, maka dari itu kami fokus dalam mendistribusikan air bersih, pelayanan kesehatan dan berbagai kebutuhan warga,” kata Arifin Selain itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla berpesan bahwa PMI harus bekerja penuh semangat untuk membantu masyarakat terdampak dengan fokus pada penyelamatan dan pertolongan, layanan kesehatan, penyediaan air bersih, pembersihan lingkungan pemukiman dan akses, dan pemenuhan kebutuhan dasar seperti bantuan pangan melalui dapur umum, distribusi bantuan baby kit, family kit, hiegiene kits, terpal, selimut dll.

TDB Banjir Januari 2020

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor Saefudin mengatakan, saat ini PMI kabupaten Bogor mengerahkan seluruh kekuatan personil PMI untuk memberikan pelayanan kepada warga korban banjir dan tanah longsor di Kecamatan Sukajaya dan Nanggung. Pelayanan ini berupa distribusi paket makanan, asesmen, pelayanan kesehatan dan lainnya “Lokasi bencana tidak bisa dilalui kendaraan roda empat dan hanya bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor karena akses jalan terputus.  Personel PMI yang diturunkan harus berjibaku menuju tempat kejadian untuk memberikan pelayanan,” kata Saefudin Dikatakannya, di tengah kondisi darurat, tim yang berada di lokasi berhasil mengevakuasi salah seorang warga Kampung Nyungcung, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, yakni Rini Sukmawati (20) yang hendak melahirkan dengan cara dirujuk klinik terdekat dengan menggunakan ambulans. Selain itu, PMI juga mendistribusikan 20 paket bantuan makanan ke Kampung Bantarhiris, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung dan ke Kampung Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya. Di lokasi bencana, relawan memberikan pelayanan kesehatan dengan memeriksa kondisi kesehatan warga terdampak bencana. Dalam pelayanan ini pihaknya juga mengerahkan dua unit ambulans dari PMI Kota dan Kabupaten Bogor. “Hingga saat ini personel PMI masih berada di lokasi untuk memberikan berbagai bentuk pelayanan. Sejak bencana ini terjadi kami berhasil mengevakuasi korban banjir sekitar 100 orang,” ungkapnya.

 

POSKO PMI KAB.BOGOR
JL. KSR Dadi Kusmayadi
Kel. Tengah, Kec. Cibinong, Kab.Bogor
Telp : 021 8750 772
Email : poskokabbogor@gmail.com
Website : www.pmikabbogor.or.id
Instagram : m.instagram.com/pmikabupatenbogor
Facebook : m.facebook.com/pmikabbogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.